GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN (GBPP)
Mata Kuliah (MK) : GULMA
Kode MK/SKS :
MBPL 631 / 3 (2/1)
Deskripsi Singkat : Menjelaskan tentang tumbuhan pengganggu
(gulma)
Pengaruh kehadirannya di lahan pertanian atau tanaman pokok, Penggolongan, Reproduksi dan
deskripsinya secara biologis.
Tujuan Instruksional Umum : Mahasiswa dapat mengetahui konsep dan
pengertian
Gulma dan
masalah yang ditimbulkannya pada tanaman pokok, dan cara pengendaliannya secara tepat dan efisien.
No
|
Pokok Bahasan |
Tujuan
Instruksional Khusus
|
Sub PokokBahasan/Konsep |
Estimasi
Waktu |
Daftar Pustaka
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
|
Pendahuluan
Dasar-dasar
Teori dan metode
Penggolongan/ Pengelompokan Gulma
Perkembngbiakan Gulma
Asosiasi pada Gulma
Masa kritis tanaman bersaing dengan gulma
Ekologi dan Penyebaran Gulma
Gulma-gulma Ganas/ rakus di dunia
Taksonomi dan
Identifikasi gulma
Gulma pada tanaman pertanian
Gulma Perkebunan
Pengendalian/ Pemberantasan
Gulma
Alelopati
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan konsep dan penger-tian guma
(C2)
Mahasiswa
dapat
menjelaskan
dasar
teori yang
dipakai
pada
penelitian (C3)
Mahasiswa
dapat menjelaskan pengelompokan gulma (C2)
Mahasiswa
dapat menjelaskan cara perkembangbiakan
Gulma (C2)
Mahasiswa dapat
mnjelaskan asosiasi yang pen-
ting pd gulma
(C2)
Mahasiswa
dapat menjelaskan kapan masa-masa kritis tanaman bila berkompetisi dengan
gulma (C2)
Mahasiswa
dapat menjelaskan Ekologi Gulma dan cara penyebaran-
nya (C2)
Mahasiswa
dapat mengetahui jenis-jenis gulma
ganas di duni (C2)
Mahasiswa dapat
menjelaskan cara mengidentifikasi Gulma (C2)
Mahasiswa
dapat menjelaskan gulma yang terdapat pada
tanaman
pertanian
Mahasiswa
dapat menjelaskan jenis
Gulma pada
perkebunan (C2)
Mahasiswa
dapat menjelaskan cara-
cara
pengendalian Gulma (C2)
Mahasiswa
dapat menjelaskan pengertian Alelopati
dan pengaruhnya (C3)
|
Terminologi
gulma
Pengertian/
konsep
Dan batasan
gulma
- Analisis
Vegetasi untuk pengamatan di lapangan.
-
Eksperimental di rumah kaca
Berdasarkan :
- habitat
-
keganasannya
- Reproduksinya
-
Secara Generatif
-
Secara Vegetatif
Tipe-tipe :
-
Protokooperatif
-
Netralisme
-
Amensalime
-
Kompetisi
Pengaruh
waktu lamanya bersaing,
Kapan
terjadi persaingan
Jumlah dan
jarak dengan gulma
Ekologi
Gulma
Cara-cara
penyebaranGulma
- Gulma
terganas di
Dunia
- Gulma
tidak ganas
-
Dasar-dasar taksonomi gulma
- Deskripsi
dan identifikasi gulma
- Gulma yang
sering
Pada Padi
- Gulma
pada tanaman palawija
- Jenis
jenis gulma
Tanman karet
- Jenis
jenis gulma
Tanaman coklat
-
Secara Mekanik
-
Secara Kimiawi
-
Secara Biologis
-Kapan
terjadinya peristiwa alelopati
-
Jenis-jenis gulma yang ada Alelopati
|
2X 50
menit
2 X 50
Menit
2 X 50
Menit
2 X 50
Menit
2 X 50
Menit
2 X 50
Menit
2 X 50
Menit
2 X 50
Menit
1 X 2 X 50
Menit
2 X 59
Menit
2 X 50
Menit
1 X 2 X 50
Menit
2X 50
menit
|
1,2,3,5
1,3,4. 5
1, 3, 5
2,3,4
3,4,5
4,5,6
3,4,5,6,8
3,4,6,7
1,3.4.6
4,5,6
5,6,78
5,6,7
1,2,6,7
|
Daftar Pustaka
- Anderson, W.P. 1992. Weed Science Principles. Searca Publication. Philippines.
- Holm, G.R.L. 1990. The World Worst Weed. The University Press of Hawai.
- Klingman, G.C. 1987. Weed Control. John Willey and Sons. N.Y. London.
- Koesterman, N.Y. , et.al. 1994. Weed of Rice in Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta.
- Kuntohartono. Dkk, 2001. Gulma Perkebunan. IKAPI. Jakarta.
- Moenandir, J.W. 2003. Pengantar Ilmu dan Pengendalian Gulma. Jilid 1 &2. Jakarta
- Mumu Sutisna, 1992. Dasar-Dasar Ilmu Gulma. ITB. Bandung.
- Sastro Utomo. 2000. Ekologi Gulma. IKAPI. Jakarta.
SATUAN ACARA PENGAJARAN (SAP)
SATUAN ACARA PENGAJARAN I
1. Mata Kuliah : GULMA
2. Kode Mata Kuliah : MBPL
631/ 3 (2/1)
3. Pertemuan minggu ke : I (PERTAMA)
4. Waktu pertemuan : Kuliah : 2 X 50 menit
Kegiatan
Mandiri : 2 X 60 menit
5. Pokok Bahasan : Pengertian, konsep dan batasan Gulma
6.
T I U : Mahasiswa dapat menjelaskan Pengertian
Gulma, definisi, dan batasannya. Dasar teori dan konsepnya
(C2)
7. Sub pokok bahasan :
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
No. Sub- Pokok Bahasan TIK
Waktu
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
1 Definisi Gulma 1.
Mahasiswa dapat menjelaskan defini- 2
X 50
si, terminology kata gulma (C2) menit
2 Pengertian, konsep dan 2. Mahasiswa dapat menjelaskan penger-
Batasan Gulma tian Gulma, konsep dan batasannya
(C2)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
8. Kegiatan Belajar Mengajar
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kegiatan Dosen Kegiatan Media
Mahasiswa
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pendahuluan 1. Menjelaskan materi perkulia- Memperhatikan OHP
han secara keseluruhan
2.
Menjelaskan kontrak perku-
liahan selama 1 semester Memperhatikan laptop
LCD
3.
Menyampaikan team teaching Mendengarkan white
Board
4.
Menjelaskan tentang beban
Praktikum dan tugas Memperhatikan OHP
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Penyajian 1. Menjelaskan definisi , Memperhatikan laptop
terminologi dan pengertian
Gulma
2.
Menjelaskan konsep dan Memperhatikan laptop
batasan gulma Mencatat
3.
Menjelaskan masalah- Bertanya
masalah yang ditimbul-
kan oleh gulma laptop
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Penutup 1. Memberikan kesempatan Memperhatikan laptop
pada mahasiswa untuk Bertanya
bertanya
2. Mengingatkan kepada maha-
siswa tentang tugas dan prak-
tikum
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
9. Tugas
terstruktur/tugas mandiri/PR:
Mahasiswa diberi tugas untuk mencari artikel tentang gulma dari jornal
dan Internet.
10. Evaluasi:
Beberapa pertanyaan untuk
mengetahui daya serap mahasiswa.
11. Daftar Pustaka:
1. Anderson, W.P. 1992.Weed Science Principle.
Sarca Publication. Philippines.
2. Klingman, G.C.
1987. Weed Control. John Willey and Sons. N.Y. London.
3. Mumu Sutisna, 1992.
Dasar-Dasar Ilmu Gulma. ITB. Bandung
SATUAN ACARA PENGAJARAN (SAP)
1. Mata Kuliah :
GULMA
2. Kode Mata Kuliah : MBPL
631/ 3 (2/1)
3. Pertemuan minggu ke : II (kedua) dan III (ketiga)
4. Waktu pertemuan : Kuliah : 2 X2X 50 menit
Kegiatan Mandiri : 1 X
60 menit
5. Pokok Bahasan : Penggolongan (pengelompokan) Gulma
6.
T I U : Mahasiswa dapat menjelaskan Pengelompokan
Gulma berdasarkan bermacam-macan karakter (C2)
7. Sub pokok bahasan :
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
No. Sub- Pokok Bahasan TIK
Waktu
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
1 Sifat/ cirri-ciri Gulma 1. Mahasiswa dapat menjelaskan 2 X 50
sifat dan cirri-ciri gulma (C2) menit
2 Pengelompokan
2. Mahasiswa dapat
menjelaskan Gulma pengelompokan gulma berdasarkan
bermacam karakter (C2)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
8. Kegiatan Belajar Mengajar
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kegiatan Dosen Kegiatan Media
Mahasiswa
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pendahuluan 1. Menjelaskan sifat-sifat gulma Memperhatikan laptop
secara
umum LCD
2. Menjelaskan
bahwa ke- Memperhatikan laptop
mampuan gulma untuk
berkembang biak pesat
sekali
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Penyajian 1. Menjelaskan ciri-ciri
gulma Memperhatikan laptop
2.
Menjelaskan penggolongan Memperhatikan laptop
Gulma berdasarkan bentuk Mencatat
daun
3. Menjelaskan penggolongan Memperhatikan
Gulma berdasarkan habitat
4.
Menjelaskan penggolongan laptop
gulma berdasarkan siklus
hidup
5.
Menjelaskan penggolongan laptop
Gulma berdasarkan sifat Memperhatikan LCD
Morfologi
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Penutup 1. Memberikan kesempatan Memperhatikan laptop
pada mahasiswa untuk Bertanya
bertanya
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
9. Tugas
terstruktur/tugas mandiri/PR:
Mahasiswa diberi tugas untuk mencari artikel tentang pengelompokan gulma
dari jornal dan Internet.
10. Evaluasi:
Beberapa pertanyaan untuk mengetahui daya serap mahasiswa.
11. Daftar Pustaka:
1. Anderson, W.P. 1992.Weed Science Principle.
Sarca Publication. Philippines.
2. Klingman, G.C.
1987. Weed Control. John Willey and Sons. N.Y. London.
3. Moenandir, J.W.
2003. Pengantar Ilmu dan Pengendalian Gulma. Jakarta
4. Mumu Sutisna, 1992. Dasar-Dasar Ilmu
Gulma. ITB. Bandung
SATUAN ACARA PENGAJARAN (SAP)
1. Mata Kuliah :
GULMA
2. Kode Mata Kuliah : MBPL
631/ 3 (2/1)
3. Pertemuan minggu ke : IV (KEEMPAT)
DAN V (KELIMA)
4. Waktu pertemuan : Kuliah : 2 X1 X 50 menit
Kegiatan Mandiri : 1 X
60 menit
5. Pokok Bahasan : Perkembangbiakan Gulma
6.
T I U : Mahasiswa
dapat menjelaskan cara-cara
Perkembangbiakan gulma (C2)
7. Sub pokok bahasan :
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
No. Sub- Pokok Bahasan TIK
Waktu
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
1 Secara Generatif 1. Mahasiswa dapat
menjelaskan 1 X 50
Cara perkembangbiakan gene-
ratif melalui biji gulma (C2) menit
2 Secara Vegetatif 2. Mahasiswa dapat
menjelaskan
Bermacam-macam cara per- 2 x 50
Kembangbiakan Vegetatif menit
Pada Gulma (C2)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
8. Kegiatan Belajar Mengajar
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kegiatan Dosen Kegiatan Media
Mahasiswa
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pendahuluan 1. Menjelaskan keunggulan Memperhatikan laptop
Gulma
dalam berkembang LCD
biak
dibanding tanaman
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Penyajian 1. Menjelaskan cara perkem- Memperhatikan laptop
bangbiakan
secara generatif
melalui biji
2. Menjelaskan cara perkem- Memperhatikan laptop
bangbiakan secara vegetatif
Melalui stolon dan rhizome
3. Menjelaskan cara perkem- Memperhatikan
bangbiakan
melalui tuber
4.
Menjelaskan cara berkem- laptop
bangbiak
dengan bulbus
dan tunas daun
5. Menjelaskan cara berkem- laptop
bangbiak dengan sulur dan
spora Mencatat LCD
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Penutup 1. Memberikan kesempatan Memperhatikan laptop
Pada mahasiswa untuk Bertanya
Bertanya
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
9. Tugas
terstruktur: Mahasiswa diberi tugas
untuk melihat langsung dilapangan
Bermacam-macam cara berkembangbiak
dari gulma
10. Evaluasi:
Beberapa pertanyaan untuk mengetahui daya serap mahasiswa.
11. Daftar Pustaka:
1. Klingman, G.C.
1987. Weed Control. John Willey and Sons. N.Y. London.
2. Moenandir, J.W.
2003. Pengantar Ilmu dan Pengendalian Gulma. Jakarta
3. Mumu Sutisna, 1992. Dasar-Dasar Ilmu
Gulma. ITB. Bandung
4. Sastro Utomo. 2000.
Ekologi Gulma. IKAPI. Jakarta.
SATUAN ACARA PENGAJARAN (SAP)
1. Mata Kuliah :
GULMA
2. Kode Mata Kuliah : MBPL
631/ 3 (2/1)
3. Pertemuan minggu ke : VI (KEENAM)
DAN VII (KETUJUH)
4. Waktu pertemuan : Kuliah : 2 X1 X 50 menit
5. Pokok Bahasan : Asosiasi pada Gulma
6.
T I U : Mahasiswa
dapat menjelaskan bermacam-
macam tipe asosisi yang terjadi pada gulma (C2)
7. Sub pokok bahasan :
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
No. Sub- Pokok Bahasan TIK
Waktu
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
1 Pengertian 1. Mahasiswa dapat
menjelaskan 1 X 15
Asosiasi pengertian asosiasi (C2)
menit
2 Tipe-tipe Asosiasi 2.
Mahasiswa dapat menjelaskan
Pada Gulma bermacam-macam tipe asosiasi 2
X 50
secara umum
pada gulma (C2) menit
3 Kompetisi 3. Mahasiswa
dapat menjelaskan pe-
ngaruh kompetisi gulma dengan 1 X 35
tanaman pokok (C2) menit
8. Kegiatan Belajar Mengajar
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kegiatan Dosen Kegiatan Media
Mahasiswa
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pendahuluan 1. Menjelaskan Asosiasi Memperhatikan laptop
2. Menjelaskan macam- Mencatat LCD
macam bentuk asosiasi
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Penyajian 1. Menjelaskan pengertian
Memperhatikan laptop
Asosiasi
seara umum
2. Menjelaskan bentuk asosiasi Memperhatikan laptop
protokooperatif
3. Menjelaskan tipe asosiasi Memperhatikan
Komensalisme
4. Menjelaskan tipe asosiasi
Amensalisme dan netralisme laptop
5. Menjelaskan
tipe asosiasi yang
penting yaitu kompetisi Mencatat
LCD
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Penutup 1. Memberikan kesempatan Memperhatikan laptop
Pada mahasiswa
untuk Bertanya
Bertanya
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
9. Tugas
terstruktur: Mahasiswa diberi tugas untuk
melakukan praktikum untuk
Melihat sejauh mana pengaruh
kompetisi gulma dengan tanaman pokok
10. Evaluasi:
Beberapa pertanyaan untuk
mengetahui daya serap mahasiswa.
11. Daftar Pustaka:
1. Holm, G.R.L. 1990.
The World Worst Weed. University
of Hawai Press.
2. Klingman, G.C.
1987. Weed Control. John Willey and Sons. N.Y. London.
3. Moenandir, J.W.
2003. Pengantar Ilmu dan Pengendalian Gulma. Jakarta
4. Mumu Sutisna, 1992. Dasar-Dasar Ilmu
Gulma. ITB. Bandung
5. Sastro Utomo. 2000.
Ekologi Gulma. IKAPI. Jakarta.
SATUAN ACARA PENGAJARAN (SAP)
1. Mata Kuliah :
GULMA
2. Kode Mata Kuliah : MBPL
631/ 3 (2/1)
3. Pertemuan minggu ke : VIII (Kedelapan dan IX (Kesembilan)
4. Waktu pertemuan : Kuliah : 2 X1 X 50 menit
5. Pokok Bahasan : Ekologi dan Penyebaran Gulma
6.
T I U : Mahasiswa
dapat menjelaskan tentang Ekologi
Dari Gulma dan cara Penyebarannya (C2)
7. Sub pokok bahasan :
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
No. Sub Pokok Bahasan TIK
Waktu
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
1 Pengertian 1. Mahasiswa dapat
menjelaskan 1 X 15
Ekologi gulma pengertian Ekologi gulma (C2)
menit
2 Cara-cara Penye- 2. Mahasiswa dapat menjelaskan
baran Gulma
bermacam-macam cara
pe- 2 X 50
nyebaran gulma (C2) menit
8. Kegiatan Belajar Mengajar
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kegiatan Dosen Kegiatan Media
Mahasiswa
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pendahuluan 1. Menjelaskan pengertian Memperhatikan laptop
Ekologi Gulma Mencatat LCD
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Penyajian 1. Menjelaskan cara –cara Memperhatikan laptop
Penyebaran gulma
2. Menjelaskan cara penye- Memperhatikan laptop
baran dengan bantuan
angin
3. Menjelaskan cara penye- Memperhatikan
baran dengan bantuan
hewan LCD
4. Menjelaskan cara penye-
baran dengan bantuan laptop
manusia Mencatat
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Penutup 1. Memberikan kesempatan Memperhatikan laptop
Pada mahasiswa untuk Bertanya
bertanya
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
9. Tugas
terstruktur: Mahasiswa diberi tugas
untuk melakukan praktikum untuk
Melihat sejauh mana pengaruh
kompetisi gulma dengan tanaman pokok
10. Evaluasi:
Beberapa pertanyaan untuk
mengetahui daya serap mahasiswa.
11. Daftar Pustaka:
1. Holm, G.R.L. 1990.
The World Worst Weed. University
of Hawai Press.
2. Klingman, G.C.
1987. Weed Control. John Willey and Sons. N.Y. London.
3. Moenandir, J.W.
2003. Pengantar Ilmu dan Pengendalian Gulma. Jakarta
4. Mumu Sutisna, 1992. Dasar-Dasar Ilmu
Gulma. ITB. Bandung
5. Sastro Utomo. 2000.
Ekologi Gulma. IKAPI. Jakarta.
SATUAN ACARA PENGAJARAN (SAP)
1. Mata Kuliah :
GULMA
2. Kode Mata Kuliah : MBPL
631/ 3 (2/1)
3. Pertemuan minggu ke : X (Kesepuluh)
dan XI (Kesebelas)
4. Waktu pertemuan : Kuliah : 2X1 X 50 menit
5. Pokok Bahasan : Taksonomi dan Identifikasi Gulma
6.
T I U : Mahasiswa
dapat menjelaskan tentang
taksonomi
Gulma dan cara-cara mengidentifikasinya (C2)
7. Sub pokok bahasan :
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
No. Sub Pokok Bahasan TIK
Waktu
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
1 Pengertian 1. Mahasiswa dapat
menjelaskan 1 X 30
Taksonomi gulma pengertian taksonomi gulma menit
dan Klasifikasinya (C2)
2 Cara-cara Meng- 2.
Mahasiswa dapat menjelaskan 2
X 50
identifikasi Gulma cara-cara mengidentifikasi gul- menit
ma
di lapangan (C2)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
8. Kegiatan Belajar Mengajar
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kegiatan
Dosen Kegiatan Media
Mahasiswa
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pendahuluan 1. Menjelaskan pengertian Memperhatikan laptop
Taksonomi Gulma Mencatat LCD
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Penyajian 1. Menjelaskan cara-cara Memperhatikan laptop
Klasifikasi gulma
2. Menjelaskan cara Memperhatikan laptop
Identifikasi gulma di
laboratorium
3. Menjelaskan cara Memperhatikan
Identifikasi gulma di
lapangan LCD
4. Menjelaskan cara pem- Mencatat
buatan herbarium gulma
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Penutup Memberikan kesempatan Memperhatikan laptop
pada mahasiswa untuk Bertanya
bertanya
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
9. Tugas
terstruktur: Mahasiswa diberi tugas untuk
membuat beberapa herbarium
Gulma dari golongan
ganas.
10. Evaluasi:
Beberapa pertanyaan untuk
mengetahui daya serap mahasiswa.
11. Daftar Pustaka:
1. Anderson, W,P.
1992. Weed Science Principles. Searca Publication.
Phillippines.
2. Holm, G.R.L. 1990.
The World Worst Weed. University
of Hawai Press.
3. Klingman, G.C.
1987. Weed Control. John Willey and Sons. N.Y. London.
4. Moenandir, J.W.
2003. Pengantar Ilmu dan Pengendalian Gulma. Jakarta
5. Mumu Sutisna, 1992. Dasar-Dasar Ilmu
Gulma. ITB. Bandung
Tabel Matrik Elemen Kompetensi
MATA KULIAH
ELEMEN KOMPETENSI
|
POKOK BAHASAN
|
SUB POKOK BAHASAN
|
STRATEGI PEMBELAJARAN
|
KEPRIBADIAN
|
PENDAHULUAN
|
-Sejarah
adanya
Gulma
- Definisi
dan pe-
ngertian gulma
|
Ceramah
|
|
|
|
|
KEMAMPUAN
BERKARYA
|
PENGELOMPOKAN
GULMA
|
Berdasarkan:
- Habitat
- Bentuk
daun
- Sifat
morfologi
|
Cearamah
|
SIKAP DALAM
BERKARYA
|
GULMA PADA
TANAMAN
PERTANIAN
|
- Gulma
pada padi
- Gulma
pada tanaman palawija
|
Ceramah
Melihat
langsung
Kelapangan
(sawah)
|
KEMAMPUAN
BERMASYARAKAT
|
PENGARUH
KOMPETISI
DENGAN GULMA
|
- Pengaruh
terhadap
Pertumbuhan tanaman
- Terhadap
produksi
|
Melakukan
percobaan di lab.
Dengan
memper-
Saingkan
gulma dengan tanaman pokok
|
OUTLINE
BAHAN AJAR
I. Pendahuluan
A.
Sejarah adanya gulma
1.
Definisi dan terminology gulma
2.
Konsep dan batasan gulma
3.
Pengertian gulma secara subjektif dan umum
B.
Masalah atau kerugian yang disebabkan oleh gulma
1.
Pengaruh gulma terhadap pertumbuhann tanman
2.
Pengaruh gulma terhadap hasil panen tanaman pertanian
3.
Keberadaan gulma sebagai inang bagi hama
dan penyakit tanaman
II. Penggolongan Gulma
A. Penggolongan gulma berdasarkan bentuk daun
1. Gulma berdaun lebar
2. Gulma berdaun sempit
B. Penggolongan gulma berdasarkan habitat
1. Teresterial weed
2. Aquatic weed
C. Penggolongan gulma berdasarkan siklus hidup
1. Annual weed
2. Biennial weed
3. Perinnial weed
D. Penggolongan berdasarkan sifat morfologis
1. Golongan rumput-rumputan (Grasses)
2. Golongan teki (Sedges)
3. Golongan berdaun lebar (broad leaf weed)
III. Perkembangbiakan Gulma
A. Secara Generatif
- Perbanyakan
melalui biji
B.
Secara Vegetatif
1.
Perbanyakan gulma dengan stolon dan
rhizome
2.
Perbanyakan gulma dengan tuber (umbi)
3.
Perbanyakan gulma melalui bulbus (umbi lapis)
4.
Perbanyakan gulma dengan tunas daun
5.
Perbanyakan gulma dengan spora
IV. Asosiasi yang terjadi pada Gulma
A. Macam-macam asosiasi pada gulma
1. Protokooperatif
2. Komensalisme
3. Amensalisme
4. Netralisme
B. Tipe asosiasi yang penting dan berpengaruh
dari gulma yaitu
- Kompetisi
a.
Kompetisi intraspesifik
b.
Kompetisi interspesifik
V. Ekologi dan Penyebaran Gulma
a.
Ekologi Gulma
1.
Pengaruh air terhadap gulma
2.
Pengaruh cahaya terhadap gulma
3.
Pengaruh kesuburan tanah terhadap gulma
b.
Penyebaran Gulma
1.
Penyebaran gulma melalui angina
2.
Penyebaran dengan bantuan hewan
3.
Penyebaran melalui air
4.
Penyebaran gulma oleh manusia
VI. Taksonomi dan Identifikasi Gulma
A. Cara Klasifikasi gulma
B. Cara mengidentifikasi gulma
1. Identifikasi di Laboratorium
2. Identifikasi di lapangan
VII. Gulma pada tanaman pertanian
A. Gulma yang sering ditemukan dipersawahan
1. Gulma pada tanaman padi
2. Gulma pada palawija
B. Gulma perkebunan
1. Gulma pada tanaman karet
2. Gulma pada tanaman coklat
3. Gulma pada tanaman cengkeh
VIII. Pengendalian/ pemberantasan Gulma
A. Pemberantasan secara mekanik
1. Dengan mencabut langsung
2. Dengan
alat seperti cangkul, parit dsb.
B. Pemberantasan gulma secara kimiawi
- Dengan Dalapon
- D,2.4, dsb
C.
Pengendalian gulma secara biologis
-
Mempersaingkan gulma dengan tumbuhan lainnya
XIII. KONTRAK PERKULIAHAN
Nama Mata Kuliah : G u l m a
Kode Mata Kuliah : BI 613731
Pengajara :
Drs. Martin Joni, M.Si
Drs. I Ketut Sundra, M.Si
Dr. I Gde Ptut Ardhana, M. Agr.Sc
Drs. Anak Agung Ketut Darmadi, M.Si
Semester :
VI
Hari Pertemuan : Jum’at, 8.30 –
10.10
Tempat :
Ruang AR.56
1. Manfaat Mata Kuliah
Mata kuliah ini ditawarkan untuk
mahasiswa dalam membuka
wawasan sejauh mana Pengaruh Kehadiran
Gulma pada tanaman pokok atau tanaman budidaya pada umumnya. Penekanan Gulma
terhadap pertumbuhan dan hasil
tanaman budidaya dapat diamati signifikansinya dengan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) ,
ataupun yang dilapangan dengan Rancangan
Acak Berblok.
2. Deskripsi Perkuliahan
Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah
pilihan dalam bidang botani kelompok Ekologi Tumbuhan untuk menjelaskan ada kelompok tumbuhan yang belum jelas manfaatnya bahkan mengganggu pertumbuhan dan mengurangi
hasil tanaman pertanian.
3. Tujuan Instruksional
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu:
- Mengetahui definisi dan pengertian gulma, konsep dan batasannya secara umum
- Menjelaskan Kerugian atau masalah-masalah yang disebabkan gulma pada lahan tanaman pertanian.
- Menjelaskan dan membandingkan golongan gulma berdasarkan bermacam-macam bentuk atau kelompok.
- Mahasiswa dapat menjelaskan bermacam-macam cara perkembang biakan gulma
- Mengetahui pengertian asosiasi pada gulma dan macama-macam bentuk asosiasi yang penting pada gulma.
- Menjelaskan pengaruh tekanan lingkungan terhadap gulma dan cara-cara penyebaran gulma.
- Mengetahui taksonomi gulma dan klasifikasinya serta cara mengidentifikasinya.
- Mengetahui jenis- jenis gulma yang biasanya dan sering ditemukan pada tanaman pertanian.
- Menjelaskan bermacam-macam cara pengendalian/ pemberantasan gulma dan mengetahui mana yang lebih efektif.
- Mengetahui sejarah timbulnya peristiwa Alelopati dan jenis-jenis gulma yang berpotensi mengeluarkan alelopat.
4. Strategi Perkuliahan
Perkuliahan lebih banyak melalui tatap muka di ruangan, disamping itu juga dilakukan
melalui praktikum di laboratorium dan langsung ke lapangan. Praktikum di
lapangan adalah dengan mengkoleksi jenis-jenis gulma tertentu dan langsung
mengidentifikasinya di lapangan maupun dilaboratorium. Untuk mengetahui sejauh mana penekanan gulma terhadap tanaman
pokok dilakukan percobaan di rumah kaca dengan mempersaingkan gulma dengan
tanaman pokok. Setelah itu dilakukan seminar kecil dan diskusi hasil praktikum/ percobaan.
5. Bacaan Perkuliahan
1. Anderson, W.P. 1992. Weed Science Principles.
Searca Publication. Manila.
Philippines.
2. Holm, G.R.L. 1990. The World Worst Weed. The
University Press of Hawai
2.
Klingman, G.C. 1997. Weed Control. John Willey and Sons. New York.
London.
3. Koesterman, N.Y. , et al. 1994. Weed of Rice in Indonesia.
Balai Pustaka
Jakarta.
4. Kuntohartono, Dkk. 2001. Gulma Perkebunan.
IKAPI. Jakarta.
5. Moenandir, J.W. 2003. Pengantar Ilmu dan Pengendalian Gulma.
Jilid.I
dan II. Jakarta.
6. Mumu Sutisna. 1992. Dasar-dasar Ilmu Gulma.
Institut Teknologi Bandung
Bandung.
7. Ssstro Utomo. 2000. Ekologi Gulma. IKAPI. Jakarta.
6. Tugas
a.
Setiap perkuliahan mahsiswa
diberi tugas untuk mencari artikel pada suatu jurnal/ bahan lain yang
berhubungan dengan materi perkuliahan dan didiskusikan pada saat perkuliahan.
b. Mahasiswa diberi tugas utama
dalam kelompok untuk membuat paper
dengan topik yang berhubungan dengan materi kuliah yang aktual, diserahkan pada akhir
perkuliahan.
c. Soal Ujian Tengah Semester dan Semester dengan metode
evaluasi esei dan pilihan berganda.
7. Kriteria Penilaian
Penilaian dilakukan dengan menggunakan
kriteria:
NILAI POINT RANGE
A 4 ≥
80
B 3 65
- 79
C 2 55
- 64
D 1 40
- 54
E 0 ≤
39
Dalam menentukan Nilai Akhir Semester,
digunakan pembobotan sebagai berikut:
Ujian
Tengah Semester : 25 %
Tugas - tugas :
10 %
Praktikum
: 30 %
Ujian
Akhir Semester : 35 %
8. Jadwal Perkuliahan
Mata Kuliah/ Kode : Gulma /
BI 613731 (3 SKS/ 2-1)
Waktu Kuliah : Jumat, jam 8.30 - 10.10 (2
jam)
No comments:
Post a Comment