Sunday, June 4, 2017

Gulma Herbarium


GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN (GBPP)


Mata Kuliah (MK)                :  GULMA
Kode MK/SKS                       :  MBPL  631 /  3 (2/1)

Deskripsi Singkat                  :  Menjelaskan tentang tumbuhan pengganggu (gulma)
Pengaruh  kehadirannya di lahan pertanian   atau     tanaman pokok, Penggolongan, Reproduksi dan deskripsinya secara biologis.
                            
Tujuan Instruksional Umum :   Mahasiswa dapat mengetahui konsep dan pengertian
Gulma dan masalah yang ditimbulkannya pada tanaman pokok,  dan cara pengendaliannya secara tepat dan  efisien.                                           


No    Pokok Bahasan    Tujuan Instruksional Khusus    Sub Pokok
Bahasan/Konsep    Estimasi
Waktu    Daftar Pustaka

1












2









3




4





5






6





7




8




9




10




11





12





    
Pendahuluan





Dasar-dasar
Teori  dan metode





Penggolongan/ Pengelompokan Gulma







Perkembngbiakan Gulma



Asosiasi pada Gulma




Masa kritis tanaman bersaing dengan gulma




Ekologi dan Penyebaran Gulma



Gulma-gulma Ganas/ rakus di dunia


Taksonomi dan
Identifikasi gulma



Gulma pada tanaman pertanian


Gulma Perkebunan



Pengendalian/ Pemberantasan
Gulma



Alelopati   
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dan penger-tian guma  (C2)

Mahasiswa dapat
menjelaskan dasar
teori yang dipakai
pada penelitian (C3)


Mahasiswa dapat menjelaskan pengelompokan gulma (C2)






Mahasiswa dapat menjelaskan cara perkembangbiakan
Gulma (C2)

Mahasiswa dapat mnjelaskan asosiasi yang pen-
ting pd gulma (C2)


Mahasiswa dapat menjelaskan kapan masa-masa kritis tanaman bila berkompetisi dengan gulma (C2)

Mahasiswa dapat menjelaskan Ekologi Gulma dan cara penyebaran-
nya (C2)

Mahasiswa dapat mengetahui  jenis-jenis gulma ganas di duni (C2)

Mahasiswa dapat menjelaskan cara mengidentifikasi Gulma (C2)

Mahasiswa dapat menjelaskan gulma yang terdapat pada
tanaman pertanian

Mahasiswa dapat menjelaskan jenis
Gulma pada perkebunan (C2)

Mahasiswa dapat menjelaskan cara-
cara pengendalian Gulma (C2)


Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian Alelopati  dan pengaruhnya (C3)   
Terminologi gulma
Pengertian/ konsep
Dan batasan gulma



- Analisis Vegetasi untuk pengamatan di lapangan.
- Eksperimental di rumah kaca


Berdasarkan : 
- habitat
- keganasannya
- Reproduksinya






-    Secara Generatif
-    Secara Vegetatif

Tipe-tipe :
-    Protokooperatif
-    Netralisme
-    Amensalime
-    Kompetisi

Pengaruh waktu lamanya bersaing,
Kapan terjadi persaingan
Jumlah dan jarak dengan gulma

Ekologi Gulma
Cara-cara penyebaranGulma



- Gulma terganas di
   Dunia
- Gulma tidak ganas


- Dasar-dasar taksonomi gulma
- Deskripsi dan identifikasi gulma

- Gulma yang sering
  Pada Padi
- Gulma pada   tanaman palawija

- Jenis jenis gulma
  Tanman karet
- Jenis jenis gulma
  Tanaman coklat

-    Secara Mekanik
-    Secara Kimiawi
-    Secara Biologis


-Kapan terjadinya peristiwa alelopati
- Jenis-jenis gulma yang ada Alelopati   
2X 50
menit




2 X 50
Menit






2 X 50
Menit







2 X 50
Menit



2 X 50
Menit




2 X 50
Menit





2 X 50
Menit




2 X 50
Menit



1 X 2 X 50
Menit


2 X 59
Menit



2 X 50
Menit



1 X 2 X 50
Menit



2X 50
menit   
1,2,3,5





1,3,4. 5







1, 3, 5








2,3,4




3,4,5





4,5,6






3,4,5,6,8





3,4,6,7




1,3.4.6




4,5,6




5,6,78




5,6,7





1,2,6,7






Daftar Pustaka


1.    Anderson, W.P. 1992. Weed Science Principles. Searca Publication. Philippines.
2.    Holm, G.R.L. 1990. The World Worst Weed. The University  Press  of  Hawai.
3.    Klingman, G.C. 1987. Weed Control. John Willey and Sons. N.Y. London.
4.    Koesterman, N.Y. , et.al. 1994. Weed of Rice in Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta.
5.    Kuntohartono. Dkk, 2001. Gulma Perkebunan. IKAPI. Jakarta.
6.    Moenandir, J.W. 2003. Pengantar Ilmu dan Pengendalian Gulma. Jilid 1 &2. Jakarta
7.    Mumu Sutisna, 1992. Dasar-Dasar Ilmu Gulma. ITB. Bandung.
8.    Sastro Utomo. 2000. Ekologi Gulma. IKAPI. Jakarta.























 SATUAN ACARA PENGAJARAN (SAP)
SATUAN  ACARA PENGAJARAN I


1. Mata Kuliah         :  GULMA
2. Kode Mata Kuliah    :  MBPL  631/  3 (2/1)
3. Pertemuan minggu ke     :  I  (PERTAMA)
4. Waktu pertemuan        :  Kuliah        :  2 X 50 menit
                        Kegiatan Mandiri  :  2 X 60 menit
5. Pokok Bahasan         :  Pengertian, konsep dan batasan Gulma       

6.  T I U    :  Mahasiswa dapat menjelaskan Pengertian Gulma,   definisi,  dan batasannya. Dasar teori dan konsepnya (C2)

7. Sub pokok bahasan :
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
No.         Sub- Pokok Bahasan                 TIK                   Waktu
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
1     Definisi Gulma        1. Mahasiswa dapat menjelaskan defini-    2 X 50   
                        si, terminology kata gulma  (C2)        menit   
2    Pengertian, konsep dan    2. Mahasiswa dapat menjelaskan penger-
    Batasan Gulma            tian Gulma, konsep dan batasannya
    (C2)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------

8. Kegiatan Belajar Mengajar
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
                                  Kegiatan Dosen                  Kegiatan        Media
Mahasiswa              
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pendahuluan        1. Menjelaskan materi perkulia-    Memperhatikan    OHP
                han secara keseluruhan       
            2. Menjelaskan kontrak perku-
                liahan selama 1 semester        Memperhatikan    laptop
                                             LCD
            3. Menyampaikan team teaching    Mendengarkan    white
                                            Board
            4. Menjelaskan tentang beban
               Praktikum dan tugas        Memperhatikan    OHP
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Penyajian        1. Menjelaskan definisi ,        Memperhatikan    laptop   
                terminologi dan pengertian
                Gulma
            2. Menjelaskan konsep dan         Memperhatikan    laptop
                batasan gulma            Mencatat
            3. Menjelaskan  masalah-        Bertanya
                masalah yang ditimbul-
                kan oleh gulma                        laptop
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Penutup        1. Memberikan kesempatan        Memperhatikan    laptop   
               pada mahasiswa untuk        Bertanya
   bertanya
2. Mengingatkan kepada maha-
    siswa tentang tugas dan prak-
    tikum
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

9. Tugas terstruktur/tugas mandiri/PR: 
Mahasiswa diberi tugas untuk mencari artikel tentang gulma dari jornal dan Internet.
10. Evaluasi:  
    Beberapa pertanyaan untuk mengetahui  daya serap mahasiswa.
11. Daftar Pustaka:
    1. Anderson, W.P. 1992.Weed Science Principle. Sarca Publication. Philippines.
    2. Klingman, G.C. 1987. Weed Control. John Willey and Sons. N.Y. London.
    3. Mumu Sutisna, 1992. Dasar-Dasar Ilmu Gulma. ITB. Bandung

            SATUAN  ACARA PENGAJARAN (SAP)
               


1. Mata Kuliah         :  GULMA
2. Kode Mata Kuliah    :  MBPL  631/  3 (2/1)
3. Pertemuan minggu ke     :  II (kedua) dan  III (ketiga)
4. Waktu pertemuan        :  Kuliah        :  2 X2X 50 menit
                        Kegiatan Mandiri  :  1 X 60 menit
5. Pokok Bahasan         :  Penggolongan (pengelompokan) Gulma   

6.  T I U    :  Mahasiswa dapat menjelaskan Pengelompokan Gulma      berdasarkan   bermacam-macan karakter (C2)

7. Sub pokok bahasan     :
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
No.         Sub- Pokok Bahasan                 TIK                   Waktu
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
1     Sifat/ cirri-ciri Gulma    1. Mahasiswa dapat menjelaskan         2 X 50   
                        sifat dan cirri-ciri gulma  (C2)        menit   
2    Pengelompokan         2. Mahasiswa dapat menjelaskan              Gulma                     pengelompokan gulma berdasarkan
                        bermacam karakter (C2)  
  
------------------------------------------------------------------------------------------------------------

8. Kegiatan Belajar Mengajar
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
                            Kegiatan Dosen                  Kegiatan        Media
Mahasiswa              
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pendahuluan        1. Menjelaskan  sifat-sifat gulma    Memperhatikan    laptop
                secara  umum                        LCD

             2. Menjelaskan  bahwa ke-         Memperhatikan    laptop
                 mampuan gulma untuk 
                 berkembang biak  pesat
                 sekali                               
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Penyajian        1. Menjelaskan ciri-ciri gulma    Memperhatikan    laptop   
            2. Menjelaskan  penggolongan    Memperhatikan    laptop
                Gulma berdasarkan bentuk    Mencatat
                 daun
3. Menjelaskan  penggolongan    Memperhatikan
                Gulma berdasarkan habitat
            4. Menjelaskan penggolongan                    laptop                    gulma  berdasarkan  siklus
                hidup
            5. Menjelaskan penggolongan                 laptop
                Gulma berdasarkan sifat        Memperhatikan    LCD
                Morfologi                               
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Penutup        1. Memberikan kesempatan        Memperhatikan    laptop   
               pada mahasiswa untuk        Bertanya
   bertanya
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

9. Tugas terstruktur/tugas mandiri/PR: 
Mahasiswa diberi tugas untuk mencari artikel tentang pengelompokan gulma dari jornal dan Internet.
10. Evaluasi:  
    Beberapa pertanyaan untuk mengetahui  daya serap mahasiswa.

11. Daftar Pustaka:
    1. Anderson, W.P. 1992.Weed Science Principle. Sarca Publication. Philippines.
    2. Klingman, G.C. 1987. Weed Control. John Willey and Sons. N.Y. London.
    3. Moenandir, J.W. 2003. Pengantar Ilmu dan Pengendalian Gulma. Jakarta   
4. Mumu Sutisna, 1992. Dasar-Dasar Ilmu Gulma. ITB. Bandung
                 SATUAN  ACARA PENGAJARAN (SAP)            



1. Mata Kuliah         :  GULMA
2. Kode Mata Kuliah    :  MBPL  631/  3 (2/1)
3. Pertemuan minggu ke     :  IV (KEEMPAT)  DAN  V (KELIMA)
4. Waktu pertemuan        :  Kuliah        :  2 X1 X 50 menit
                        Kegiatan Mandiri  :  1 X 60 menit
5. Pokok Bahasan         :  Perkembangbiakan  Gulma   

6.  T I U    :  Mahasiswa  dapat menjelaskan cara-cara   
   Perkembangbiakan gulma (C2)

7. Sub pokok bahasan     :
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
No.         Sub- Pokok Bahasan                 TIK                   Waktu
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
1     Secara Generatif        1. Mahasiswa dapat menjelaskan         1 X 50   
                        Cara perkembangbiakan gene-       
    ratif  melalui biji gulma  (C2)        menit   
2    Secara Vegetatif        2. Mahasiswa dapat menjelaskan
                        Bermacam-macam cara per-        2 x 50
                        Kembangbiakan Vegetatif        menit
                        Pada Gulma (C2)         
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
8. Kegiatan Belajar Mengajar
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
                            Kegiatan Dosen                  Kegiatan        Media
Mahasiswa              
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pendahuluan        1. Menjelaskan  keunggulan    Memperhatikan    laptop
               Gulma  dalam berkembang                LCD
                biak  dibanding tanaman

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Penyajian        1. Menjelaskan  cara perkem-    Memperhatikan    laptop   
                bangbiakan  secara generatif
    melalui biji
2. Menjelaskan  cara perkem-    Memperhatikan    laptop
    bangbiakan secara vegetatif
    Melalui stolon dan rhizome
3. Menjelaskan  cara perkem-    Memperhatikan
                bangbiakan  melalui tuber
            4. Menjelaskan cara berkem-                  laptop   
                bangbiak  dengan bulbus
                dan tunas daun
5. Menjelaskan  cara berkem-                 laptop
                bangbiak dengan sulur dan
                spora                Mencatat        LCD
                                            
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Penutup        1. Memberikan kesempatan        Memperhatikan    laptop   
               Pada mahasiswa untuk        Bertanya
   Bertanya
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

9. Tugas terstruktur:  Mahasiswa diberi tugas untuk melihat langsung dilapangan 
    Bermacam-macam cara berkembangbiak dari gulma
10. Evaluasi:  
    Beberapa pertanyaan untuk mengetahui  daya serap mahasiswa.

11. Daftar Pustaka:

    1. Klingman, G.C. 1987. Weed Control. John Willey and Sons. N.Y. London.
    2. Moenandir, J.W. 2003. Pengantar Ilmu dan Pengendalian Gulma. Jakarta   
3. Mumu Sutisna, 1992. Dasar-Dasar Ilmu Gulma. ITB. Bandung
    4. Sastro Utomo. 2000. Ekologi Gulma. IKAPI. Jakarta.
                 SATUAN  ACARA PENGAJARAN (SAP)            


1. Mata Kuliah         :  GULMA
2. Kode Mata Kuliah    :  MBPL  631/  3 (2/1)
3. Pertemuan minggu ke     :  VI (KEENAM)  DAN  VII (KETUJUH)
4. Waktu pertemuan        :  Kuliah        :  2 X1 X 50 menit
                    
5. Pokok Bahasan         :  Asosiasi pada Gulma

6.  T I U    :  Mahasiswa  dapat menjelaskan bermacam-
    macam tipe asosisi yang terjadi pada gulma (C2)

7. Sub pokok bahasan     :
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
No.         Sub- Pokok Bahasan                 TIK                   Waktu
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
1     Pengertian              1. Mahasiswa dapat menjelaskan         1 X 15
    Asosiasi                pengertian asosiasi (C2)   
                           menit   
2    Tipe-tipe Asosiasi        2. Mahasiswa dapat menjelaskan
    Pada Gulma                bermacam-macam  tipe asosiasi        2 X 50
                        secara umum  pada gulma (C2)        menit
3     Kompetisi            3. Mahasiswa dapat menjelaskan pe-
                        ngaruh kompetisi gulma dengan        1 X 35
                        tanaman pokok (C2)             menit

8. Kegiatan Belajar Mengajar
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
                            Kegiatan Dosen                  Kegiatan        Media
Mahasiswa              
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pendahuluan        1. Menjelaskan  Asosiasi        Memperhatikan    laptop
             2. Menjelaskan macam-                 Mencatat        LCD
                 macam bentuk asosiasi

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Penyajian        1. Menjelaskan  pengertian      Memperhatikan    laptop   
                Asosiasi  seara umum
2. Menjelaskan  bentuk asosiasi    Memperhatikan    laptop
    protokooperatif
3. Menjelaskan   tipe asosiasi    Memperhatikan
                Komensalisme
4. Menjelaskan tipe asosiasi
    Amensalisme dan netralisme                  laptop   
            5. Menjelaskan tipe asosiasi yang 
                penting yaitu  kompetisi        Mencatat         LCD
                                           
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Penutup        1. Memberikan kesempatan        Memperhatikan    laptop   
               Pada mahasiswa untuk        Bertanya
   Bertanya
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

9. Tugas terstruktur:  Mahasiswa diberi tugas untuk melakukan praktikum untuk
    Melihat sejauh mana pengaruh kompetisi gulma dengan tanaman pokok
10. Evaluasi:  
    Beberapa pertanyaan untuk mengetahui  daya serap mahasiswa.

11. Daftar Pustaka:
    1. Holm, G.R.L. 1990. The World Worst Weed. University of Hawai Press.
    2. Klingman, G.C. 1987. Weed Control. John Willey and Sons. N.Y. London.
    3. Moenandir, J.W. 2003. Pengantar Ilmu dan Pengendalian Gulma. Jakarta   
4. Mumu Sutisna, 1992. Dasar-Dasar Ilmu Gulma. ITB. Bandung
    5. Sastro Utomo. 2000. Ekologi Gulma. IKAPI. Jakarta.


                 SATUAN  ACARA PENGAJARAN (SAP)            


1. Mata Kuliah         :  GULMA
2. Kode Mata Kuliah    :  MBPL  631/  3 (2/1)
3. Pertemuan minggu ke     :  VIII (Kedelapan dan IX (Kesembilan)
4. Waktu pertemuan        :  Kuliah        :  2 X1 X 50 menit
                    
5. Pokok Bahasan         :  Ekologi dan Penyebaran Gulma

6.  T I U    :  Mahasiswa  dapat menjelaskan tentang  Ekologi
       Dari Gulma dan cara Penyebarannya (C2)

7. Sub pokok bahasan     :
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
No.         Sub Pokok Bahasan                 TIK                   Waktu
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
1     Pengertian              1. Mahasiswa dapat menjelaskan         1 X 15
    Ekologi  gulma            pengertian Ekologi gulma (C2)   
                           menit   
2    Cara-cara  Penye-        2. Mahasiswa dapat menjelaskan
    baran  Gulma            bermacam-macam  cara  pe-        2 X 50
                        nyebaran  gulma   (C2)            menit


8. Kegiatan Belajar Mengajar
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
                            Kegiatan Dosen                  Kegiatan        Media
Mahasiswa              
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pendahuluan        1. Menjelaskan  pengertian        Memperhatikan    laptop
                Ekologi Gulma                     Mencatat        LCD
               

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Penyajian        1. Menjelaskan  cara –cara       Memperhatikan    laptop   
                Penyebaran gulma
2. Menjelaskan  cara penye-        Memperhatikan    laptop
    baran dengan bantuan
    angin
3. Menjelaskan   cara penye-    Memperhatikan
                baran dengan bantuan
    hewan                            LCD
4. Menjelaskan  cara penye-
    baran dengan bantuan                       laptop   
                manusia                Mencatat
                                           
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Penutup        1. Memberikan kesempatan        Memperhatikan    laptop   
               Pada mahasiswa untuk        Bertanya
   bertanya
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------


9. Tugas terstruktur:  Mahasiswa diberi tugas untuk melakukan praktikum untuk
    Melihat sejauh mana pengaruh kompetisi gulma dengan tanaman pokok

10. Evaluasi:  
    Beberapa pertanyaan untuk mengetahui  daya serap mahasiswa.



11. Daftar Pustaka:
    1. Holm, G.R.L. 1990. The World Worst Weed. University of Hawai Press.
    2. Klingman, G.C. 1987. Weed Control. John Willey and Sons. N.Y. London.
    3. Moenandir, J.W. 2003. Pengantar Ilmu dan Pengendalian Gulma. Jakarta   
4. Mumu Sutisna, 1992. Dasar-Dasar Ilmu Gulma. ITB. Bandung
    5. Sastro Utomo. 2000. Ekologi Gulma. IKAPI. Jakarta.
                 SATUAN  ACARA PENGAJARAN (SAP)            


1. Mata Kuliah         :  GULMA
2. Kode Mata Kuliah    :  MBPL  631/  3 (2/1)
3. Pertemuan minggu ke     :  X (Kesepuluh)  dan  XI (Kesebelas)
4. Waktu pertemuan        :  Kuliah        :  2X1 X 50 menit
                    
5. Pokok Bahasan         :  Taksonomi dan Identifikasi Gulma

6.  T I U    :  Mahasiswa  dapat menjelaskan tentang  taksonomi
       Gulma dan cara-cara mengidentifikasinya (C2)

7. Sub pokok bahasan     :
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
No.         Sub Pokok Bahasan                 TIK                   Waktu
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
1     Pengertian              1. Mahasiswa dapat menjelaskan         1 X 30
    Taksonomi  gulma            pengertian taksonomi gulma          menit   
    dan Klasifikasinya      (C2)               
2    Cara-cara  Meng-        2. Mahasiswa dapat menjelaskan         2 X 50
    identifikasi Gulma            cara-cara mengidentifikasi gul-        menit
                        ma  di lapangan  (C2)           
------------------------------------------------------------------------------------------------------------                                       

8. Kegiatan Belajar Mengajar
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
                            Kegiatan Dosen                  Kegiatan        Media
Mahasiswa              
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pendahuluan        1. Menjelaskan  pengertian        Memperhatikan    laptop
                Taksonomi Gulma                     Mencatat        LCD
               
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Penyajian        1. Menjelaskan  cara-cara           Memperhatikan    laptop   
                Klasifikasi gulma
2. Menjelaskan  cara         Memperhatikan    laptop
    Identifikasi gulma di
    laboratorium
3. Menjelaskan   cara         Memperhatikan
                Identifikasi gulma  di
    lapangan                            LCD
4. Menjelaskan  cara pem-        Mencatat
    buatan herbarium gulma
                                              
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Penutup          Memberikan kesempatan        Memperhatikan    laptop   
               pada mahasiswa untuk        Bertanya
   bertanya
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------


9. Tugas terstruktur:  Mahasiswa diberi tugas untuk membuat  beberapa herbarium
    Gulma  dari golongan  ganas.

10. Evaluasi:  
    Beberapa pertanyaan untuk mengetahui  daya serap mahasiswa.



11. Daftar Pustaka:
    1. Anderson, W,P. 1992. Weed Science Principles. Searca Publication.
            Phillippines.
    2. Holm, G.R.L. 1990. The World Worst Weed. University of Hawai Press.
    3. Klingman, G.C. 1987. Weed Control. John Willey and Sons. N.Y. London.
    4. Moenandir, J.W. 2003. Pengantar Ilmu dan Pengendalian Gulma. Jakarta   
5. Mumu Sutisna, 1992. Dasar-Dasar Ilmu Gulma. ITB. Bandung


Tabel Matrik Elemen Kompetensi




       MATA KULIAH
ELEMEN KOMPETENSI
   
POKOK BAHASAN   
SUB POKOK BAHASAN    
STRATEGI PEMBELAJARAN

KEPRIBADIAN
   
PENDAHULUAN    -Sejarah adanya
  Gulma
- Definisi dan pe-
  ngertian gulma        
Ceramah
           

KEMAMPUAN BERKARYA
   
PENGELOMPOKAN
GULMA    Berdasarkan:
- Habitat
- Bentuk daun
- Sifat morfologi   
Cearamah

SIKAP DALAM
BERKARYA
   
GULMA PADA
TANAMAN PERTANIAN   
- Gulma pada padi
- Gulma pada tanaman palawija    
Ceramah
Melihat langsung
Kelapangan (sawah)

KEMAMPUAN BERMASYARAKAT
   
PENGARUH
KOMPETISI DENGAN GULMA    - Pengaruh terhadap
 Pertumbuhan tanaman
- Terhadap produksi    Melakukan percobaan di lab.
Dengan memper-
Saingkan gulma dengan tanaman pokok




OUTLINE   BAHAN  AJAR

I. Pendahuluan
    A. Sejarah adanya gulma
        1. Definisi dan terminology gulma
        2. Konsep dan batasan gulma
        3. Pengertian gulma secara subjektif dan umum
    B. Masalah atau kerugian yang disebabkan oleh gulma
        1. Pengaruh gulma terhadap pertumbuhann tanman
        2. Pengaruh gulma terhadap hasil panen tanaman pertanian
        3. Keberadaan gulma sebagai inang bagi hama dan penyakit tanaman
II. Penggolongan Gulma
A.    Penggolongan gulma berdasarkan bentuk daun
1.    Gulma berdaun lebar
2.    Gulma berdaun sempit
B.    Penggolongan gulma berdasarkan habitat
1.    Teresterial weed
2.    Aquatic weed
C.    Penggolongan gulma berdasarkan siklus hidup
1.    Annual weed
2.    Biennial weed
3.    Perinnial weed
D.    Penggolongan berdasarkan sifat morfologis
1.    Golongan rumput-rumputan (Grasses)
2.    Golongan teki (Sedges)
3.    Golongan berdaun lebar (broad leaf weed)
III. Perkembangbiakan Gulma
A.    Secara Generatif
- Perbanyakan melalui biji
    B. Secara Vegetatif
        1. Perbanyakan gulma dengan  stolon dan rhizome
        2. Perbanyakan gulma dengan tuber (umbi)
        3. Perbanyakan gulma melalui bulbus (umbi lapis)
        4. Perbanyakan gulma dengan tunas daun
        5. Perbanyakan gulma dengan spora
IV. Asosiasi yang terjadi pada Gulma
A.    Macam-macam asosiasi  pada gulma
1.    Protokooperatif
2.    Komensalisme
3.    Amensalisme
4.    Netralisme
B.    Tipe asosiasi yang penting dan berpengaruh dari gulma yaitu
- Kompetisi
    a. Kompetisi  intraspesifik
    b. Kompetisi interspesifik
V. Ekologi dan Penyebaran Gulma
    a. Ekologi Gulma
        1. Pengaruh air terhadap gulma
        2. Pengaruh cahaya terhadap gulma
        3. Pengaruh kesuburan tanah terhadap gulma
    b. Penyebaran Gulma
        1. Penyebaran gulma melalui angina
        2. Penyebaran dengan bantuan hewan
        3. Penyebaran melalui air
        4. Penyebaran gulma oleh manusia
VI. Taksonomi dan Identifikasi Gulma
A.    Cara Klasifikasi gulma
B.    Cara mengidentifikasi gulma
1.    Identifikasi di Laboratorium
2.    Identifikasi  di lapangan
VII. Gulma pada tanaman pertanian
A.    Gulma yang sering ditemukan dipersawahan
1.    Gulma pada tanaman padi
2.    Gulma pada palawija
B.    Gulma perkebunan
1.    Gulma pada tanaman karet

2. Gulma pada tanaman coklat
3. Gulma pada tanaman  cengkeh
VIII. Pengendalian/ pemberantasan Gulma
A.    Pemberantasan secara mekanik
1.    Dengan mencabut langsung
2.    Dengan  alat seperti cangkul, parit  dsb.
B.    Pemberantasan gulma secara kimiawi
- Dengan Dalapon
- D,2.4,  dsb
    C. Pengendalian gulma secara biologis
        - Mempersaingkan gulma dengan tumbuhan lainnya































XIII.  KONTRAK PERKULIAHAN


Nama Mata Kuliah    : G u l m a
Kode Mata Kuliah    : BI 613731
Pengajara        : Drs. Martin Joni, M.Si
              Drs. I Ketut Sundra, M.Si
              Dr. I Gde Ptut Ardhana, M. Agr.Sc
              Drs. Anak Agung Ketut Darmadi, M.Si
Semester        : VI
Hari Pertemuan    : Jum’at,  8.30 – 10.10
Tempat        : Ruang  AR.56

1.    Manfaat Mata Kuliah
Mata kuliah ini ditawarkan  untuk  mahasiswa  dalam membuka wawasan  sejauh mana Pengaruh Kehadiran Gulma pada tanaman pokok atau tanaman budidaya pada umumnya. Penekanan Gulma terhadap pertumbuhan dan hasil  tanaman  budidaya dapat  diamati signifikansinya  dengan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) , ataupun yang dilapangan dengan  Rancangan Acak Berblok.

2.    Deskripsi Perkuliahan
Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah pilihan  dalam bidang botani  kelompok Ekologi Tumbuhan  untuk menjelaskan ada kelompok tumbuhan  yang belum jelas manfaatnya  bahkan mengganggu pertumbuhan dan mengurangi hasil tanaman  pertanian.
3.    Tujuan Instruksional
Pada akhir perkuliahan  mahasiswa diharapkan mampu:
1.    Mengetahui  definisi dan pengertian  gulma, konsep dan batasannya secara umum
2.    Menjelaskan Kerugian atau masalah-masalah yang disebabkan  gulma pada lahan tanaman pertanian.
3.    Menjelaskan dan membandingkan  golongan gulma berdasarkan  bermacam-macam bentuk atau kelompok.
4.    Mahasiswa dapat menjelaskan  bermacam-macam cara perkembang biakan  gulma
5.    Mengetahui  pengertian asosiasi pada gulma dan macama-macam bentuk asosiasi yang penting pada gulma.
6.    Menjelaskan  pengaruh tekanan lingkungan terhadap gulma  dan cara-cara penyebaran gulma.
7.    Mengetahui  taksonomi gulma dan klasifikasinya  serta cara mengidentifikasinya.
8.    Mengetahui jenis- jenis gulma yang biasanya dan sering ditemukan pada tanaman  pertanian.
9.    Menjelaskan bermacam-macam cara pengendalian/ pemberantasan gulma dan mengetahui  mana yang lebih  efektif.
10.    Mengetahui sejarah timbulnya peristiwa Alelopati dan jenis-jenis gulma yang berpotensi mengeluarkan alelopat.

4.    Strategi Perkuliahan
Perkuliahan lebih banyak  melalui tatap muka  di ruangan, disamping itu juga dilakukan melalui praktikum di laboratorium dan langsung ke lapangan. Praktikum di lapangan adalah dengan mengkoleksi jenis-jenis gulma tertentu dan langsung mengidentifikasinya di lapangan maupun dilaboratorium. Untuk mengetahui  sejauh mana penekanan gulma terhadap tanaman pokok dilakukan percobaan di rumah kaca dengan mempersaingkan gulma dengan tanaman pokok. Setelah itu dilakukan seminar kecil dan  diskusi hasil praktikum/ percobaan.

5.    Bacaan Perkuliahan

1.    Anderson, W.P. 1992. Weed Science Principles. Searca Publication. Manila.
Philippines.
2.    Holm, G.R.L. 1990. The World Worst Weed. The University Press of Hawai 
2.   Klingman, G.C.  1997. Weed Control. John Willey and Sons. New York.
London.
3.    Koesterman, N.Y. , et al. 1994. Weed of Rice in Indonesia. Balai Pustaka
Jakarta.
4.    Kuntohartono, Dkk. 2001. Gulma Perkebunan. IKAPI. Jakarta.
5.    Moenandir, J.W.  2003. Pengantar Ilmu dan Pengendalian Gulma. Jilid.I
dan II. Jakarta.
6.    Mumu Sutisna. 1992. Dasar-dasar Ilmu Gulma. Institut Teknologi Bandung
Bandung.
7.    Ssstro Utomo. 2000. Ekologi Gulma. IKAPI. Jakarta.

6.    Tugas
a.  Setiap perkuliahan  mahsiswa diberi tugas untuk mencari artikel pada suatu jurnal/ bahan lain yang berhubungan dengan materi perkuliahan dan didiskusikan  pada saat perkuliahan.
b. Mahasiswa diberi tugas utama dalam  kelompok untuk membuat paper dengan topik yang berhubungan dengan materi kuliah  yang aktual, diserahkan pada akhir perkuliahan.
c. Soal Ujian  Tengah Semester dan Semester dengan metode evaluasi esei dan pilihan berganda.

7.    Kriteria Penilaian
Penilaian dilakukan dengan menggunakan kriteria:

    NILAI                POINT                RANGE
    A                4                    ≥ 80
    B                3                    65 -  79
    C                2                    55 -  64
    D                1                    40 -  54
    E                0                    ≤ 39

Dalam menentukan Nilai Akhir Semester, digunakan pembobotan sebagai berikut:
    Ujian Tengah Semester    : 25 %
    Tugas    - tugas            : 10 %
    Praktikum             : 30 %
    Ujian Akhir Semester    : 35 %
               
8.    Jadwal Perkuliahan
Mata Kuliah/ Kode    : Gulma / BI  613731 (3 SKS/ 2-1)
Waktu Kuliah    : Jumat, jam 8.30 -  10.10 (2 jam)






No comments:

Post a Comment